Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Senin kemarin berpidato mengingatkan agar para penegak hukum tetap mengedapankan praduga tak bersalah. Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsudin menyatakan pidato sang kepala Negara tak terkait dengan kasus yang menjerat kasus Demokrat.

Pidato presiden tak ada sangkut pautnya dengan kasus hukum manapun yang kebetulan dihadapi beberapa kader utama Demokrat, Selasa (11/12/2012) menurut Amir ada berbagai pihak yang tidak menyimak pidato SBY dengan seksama sehingga telah membuat penafsiran yang terlalu jauh. Amir menyatakan, pidato SBY sebenarnya sangat jelas dan gamblang.

Intinya tindak pidana korupsi wajib diberantas tanpa pandang dulu namun dengan tetap menggunakan nurani dan akal sehat. Demi tercegahnya korban salah tuduh yang dapat menyandera penegak hukum akibat telah terlanjut terbentuknya opini akibat masifnya pemberitaan.

Dalam pidatonya terkait hari anti korupsi , Presiden SBY mengingatkan bahwa ada garis tegas yang jelas antara proses hukum dan politik. Oleh karena itu Presiden SBY meminta kepada semua pihak untuk memisahkan mana yang menjadi wilayah penegakan hukum dan politik.

Kita harus mendidik diri kita sendiri untuk memisahkan mana yang wilayah penegakan hukum, mana wilayah politik. Hukum berkaitan dengan kebenaran dan keadilan. Politik bagaimanapun tidak bebas dari kepentingan kekuasaan “ujar Presiden SBY dalam pidato di acara puncak peringatan hari korupsi sedunia di Istana Negara, Senin (10/11/2012)

Presiden SBY meminta juga agar semua pihak untuk memberikan kepercayaan kepada para penegak hukum untuk menjalankan tugasnya. Jangan mempengaruhi penegakan hukum dengan gangguan politik apapun.”Jangan diganggu politik, berikan kepercayaan, berikan ruang kepada penegak hukum. Penegak hukum juga jangan memasuki diskursus politik , nanti jadi bingung masyarakat.

Para penegak hukum harus berikan penjelasan secara proporsional dan professional segamblang-gamblangnya agar masyarakat mengerti duduk persoalannya. Presiden kembali menegaskan penjelasan tersebut harus gambling dan tidak gambling. Kalau gambling no comment, menimbulkan tafsiran bahkan dihakimi sebelum dinyatakan bersalah. Tolong berikan penjelasan yang gambling, utuh, dan logis sehingga rakyat bisa tahu duduk persoalannya. Jangan berjarak antara hukum dan keadilan”imbaunya.

http://bpsdm.kemenkumham.go.id/component/content/article/43-berita-hukum-dan-ham/676-menteri-hukum-dan-ham–pidato-sby-tak-terkait-kasus-yang-menjerat-kader-demokrat